5 Daftar Harga Beras Berdasarkan Jenisnya

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, membuat beras menjadi perhatian utama oleh petani. Bidang pertanian memunculkan banyak  inovasi beras agar masyarakat Indonesia memiliki pilihan. Baik dari memilih aroma, tekstur, bahkan harga di pasaran. Kenali daftar harga beras 2,5 kg hingga puluhan kilo berdasarkan jenisnya di bawah ini!

  1. Beras Rojo Lele

Beras dengan varietas ini berasal dari Jawa Tengah dan menjadi beras unggulan di daerah Jawa Tengah. Beras dengan butir yang ramping  dan memanjang serta memiliki warna putih cerah. Jenis beras ini diklaim oleh sebagian besar orang, memiliki cita rasa yang lebih baik dibandingkan beras Ramos. Beras yang dibanderol dengan harga Rp.8000 hingga Rp.11.000/kg.

  1. Beras Setra Ramos

Awal asal beras jenis ini dari Cianjur, Provinsi Jawa Barat dan dikenal dengan nama lain IR64. Banyak menjadi pilihan masyarakat  karena teksturnya yang pulen setelah dimasak. Meskipun dikenal tidak memiliki aroma, namun beras ini dicintai karena cita rasanya yang gurih. Bentuk dari bulir beras ini memanjang dan lonjong dijual per kilo mulai Rp.11.000-Rp14.000.

  1. Beras Pandan Wangi

Seperti namanya, beras ini beraroma pandan yang sangat wangi, terlebih saat dimasak. Uap dari beras yang sedang dimasak akan memberikan aroma harum dari daun pandan. Butir beras jenis ini berbentuk bulat dan berasal dari Jawa Barat, tepatnya Cianjur. Beras wangi ini memiliki warna putih seperti sebuah telur di bagian tengahnya. Harga mulai Rp.12.000/kg-Rp.15.000/kg.

  1. Beras Mentik

Merupakan beras impor dari Jepang namun saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Beras dengan kualitas terbaik ini kini mulai merebak di daerah Jawa Tengah, lebih tepatnya daerah Magelang. Beras yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan glukosa dari beras ini mudah diuraikan. Orang sehat juga bisa konsumsi untuk pencegahan.

Tersedia dua varian di pasaran, yakni beras mentik susu dan beras mentik wangi. Perbedaanya  terletak pada warnanya. Beras mentik wangi berwarna lebih kusam dibanding beras mentik susu yang  memiliki warna seputih susu. Berbentuk lonjong  serta padat gemuk dan berwarna putih.

Memiliki banyak khasiat, meskipun beras ini diperuntukkan untuk orang pengidap diabetes. Namun orang yang sehat juga bisa mengkonsumsi beras ini untuk pencegahan penyakit vertigo, darah tinggi, asam urat dan lainnya. Ditawarkan di pasaran dengan harga senilai Rp. 15.000 hingga Rp. 18.000 per kilonya.

  1. Beras Merah

Beras dengan kandungan kalori yang rendah dibandingkan dengan beras lainnya. Memiliki bentuk yang sama seperti beras putih namun perbedaanya pada warnanya yang  merah. Kandungannya banyak, selain rendah kalori juga kaya akan mineral seperti seng, tembaga, niasin dan lainnya.

Kandungan lainnya berupa asam lektin dan diktat yang membuat orang yang memakannya tidak cepat lapar. Keadaan ini disebabkan karena kandungan beras merah membantu memperlambat nasi merah yang sedang dicerna. Akibatnya, glukosa yang dihasilkan juga memiliki jumlah yang sedikit.

Membahas terkait harga, memang beras merah dikategorikan beras dengan harga termahal untuk dikonsumsi setiap harinya. Beras putih yang hanya berkisar belasan ribu, beras merah dijual dengan interval harga sekitar Rp.34.500 hingga mencapai Rp.41.500. Jika menilik dari kandungan yang memiliki banyak khasiat, dinilai sepadan dengan harga tersebut.

Itulah  beberapa daftar harga beras per kilo berdasarkan jenisnya. Jika Anda tidak ingin membeli secara eceran, Anda juga bisa mendapatkan harga beras 2,5 kg dengan kemasan khusus. Banyak kemasan dengan varian berat dan harga yang berbeda-beda. Anda bisa memilih sesuai dengan yang dibutuhkan dan sesuai selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *