5 Khasiat Lidah Buaya (Aloevera) Untuk Kulit Sensitif Hingga Normal

Banyak yang menanam lidah buaya, tidak sekedar hanya untuk tanaman hias saja tetapi juga untuk diambil manfaatnya. Jenis tanaman yang satu ini, memang terkenal banyak memiliki khasiat, mulai dari untuk perawatan rambut, kulit hingga kesehatan. Tidak heran, jika banyak industri farmasi yang menggunakannya sebagai bahan utama untuk membuat produk kecantikan. Banyak produk perawatan kulit yang kini memakai lidah buaya sebagai komposisi produk. Sebenarnya, apa saja sih khasiat lidah buaya untuk kulit ? Mau tahu? Ini dia ulasannya.

1.      Mencegah Iritasi Pada Kulit Sensitif

Memiliki kulit sensitif memang agak susah karena tidak bisa sembarangan dalam memakai produk. Jika salah, bisa berakibat terjadinya alergi atau iritasi kulit. Daripada menggunakan produk kimia yang sangat berisiko terhadap kulit sensitif, lebih baik menggunakan lidah buaya sebagai perawatan kulit yang aman dan alami. Tidak sulit membuat lidah buaya sebagai bahan perawatan wajah kulit sensitif. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat scrub alami lidah buaya yang dicampurkan dengan oatmeal. Lakukan eksfoliasi sel kulit mati pada wajah dengan menggunakan scrub ini dan rasakan hasilnya.

2.      Pelembab Alami

Salah satu yang istimewa dari lidah buaya adalah batangnya yang banyak mengandung air. Oleh sebab itu, daging lidah buaya sangat bagus diolah untuk bahan perawatan wajah kulit kering seperti masker. Tidak kurang 90% tanaman lidah buaya mengandung air, dimana di dalamnya juga terdapat berbagai mineral, vitamin dan zat antioksidan. Tidak sulit membuat masker lidah buaya, cukup ambil daging lidah buaya dan bersihkan bagian kulit luarnya, kemudian oleskan pada permukaan wajah secara merata. Jika ingin menambahkan bahan alami lain, bisa menggunakan madu agar kulit semakin lembab dan lembut. Kandungan air pada lidah buaya dapat berperan sebagai bahan pelembab alami bagi kulit.

3.      Memudarkan Flek Atau Bekas Jerawat

Bagi yang sering berjerawat atau memiliki flek hitam di wajah, tidak perlu khawatir. Bisa mencoba memudarkannya dengan perawatan lidah buaya. Adanya asam amino dan lignin pada lidah buaya sangat membantu dalam regenerasi kulit sehingga kulit yang tadinya ada bekas jerawat, flek atau warna kulit yang tidak merata, bisa diatasi dengan perawatan lidah buaya secara teratur.

4.      Menutrisi Kulit

Siap sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah sehat…? Hampir setiap orang pasti menginginkannya, hanya saja banyak orang yang malas melakukan perawatan sehingga tidak jarang kita jumpai kulit wajah kusam dan tidak cerah. Jika ingin mendapatkan kulit yang sehat, sebenarnya tidaklah sulit. Bisa dengan cara menggunakan masker lidah buaya yang dilakukan secara rutin 2-3 kali seminggu. Kandungan beragam mineral dan vitamin dalam lidah buaya akan sangat membantu dalam menutrisi kulit. Kulit jadi lebih sehat, bersih dan berseri.

5.      Mengencangkan Kulit

Anggapan bahwa lidah buaya dapat membuat awet muda sepertinya bukan isapan jempol belaka. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam jurnal The Annals of Dermatology tahun 2009 yang menyebutkan bahwa pemakaian lidah buaya selama 90 hari terbukti dapat mengurangi timbulnya kerutan di kulit wajah. Kandungan dalam lidah buaya memang bermanfaat membuat kulit menjadi lebih elastis sehingga kerutan dapat dihindari. Dan tentu saja efeknya wajah jadi lebih terlihat awet muda.

Demikian tadi 5 khasiat lidah buaya untuk kulit yang perlu diketahui, baik oleh kamu yang memiliki kulit wajah sensitif atau normal. Jangan ragu membagikan artikel ini jika dirasa menarik dan bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *