5 Tips Cara Menata Ruangan Makan Keluarga Minimalis

Salah satu ruang terpenting dalam rumah adalah ruangan makan. Dalam ruang ini keluarga bisa menjaga dan menjali kebersamaan, makan bersama, ngobrol, atau malah musyawarah. Ruangan makan tidak melulu untuk rumah mewah dan kaya, rumah sederhana pun bisa memiliki ruang makan. Nah, kali ini ada tips untuk cara menata ruangan makan keluarga yang minimalis.

Desain minimalis dipilih untuk memaksimalkan pemanfaatan ruangan rumah yang biasanya terbatas. Kalau biasanya rumah elit memiliki ruangan makan yang besar dan mewah, kita yang kalangan biasa-biasa juga bisa kok menghadirkan suasana kebersamaan dengan nuansa yang berbeda. Ruang makan minimalis, itulah pilihan yang tepat.

5 Cara Menata Ruangan Makan Keluarga yang Minimalis

Untuk menghasilkan tatangan ruangan makan yang minimalis namun tetap manis, coba terapkan saran-saran berikut ini.

  • Pemilihan Furnitur Yang Tepat dan Sesuai Ukuran Ruangan

Sesuai tema minimalis, maka pemilihan perabotan ruangan makan keluarga pun harus yang minimalis. Jangan terlalu besar, meskipun juga jangan yang mini. Gaya minimalis itu mengutamakan sisi kebersihan dan kerapian. Karena itu pilihlah furnitur yang ringkas, dan tidak menghabiskan banyak ruang. Desain furnitur yang minimalis saat ini sudah banyak beredar. Baik berupa meja maupun kursi makan model minimalis.

Pemilihan warna juga mempengaruhi rasa nyaman. Pilih saja warna hitam ataupun putih bersih untuk menampilkan kesan elegan dan mewah. Furnitur juga tak perlu berhiaskan ukiran, karena akan menimbulkan kesan sesak.

  • Pilih Warna Cat Ruangan Yang Segar

Warna dinding juga memiliki pengaruh terhadap suasana dalam ruangan. Warna yang elegan akan membuat ruangan terasa segar dan menyenangkan. Cobalah terapkan warna-warna terang di dinding ruang makan Anda yang minimalis dan sempit. Misalnya biru muda, hijau muda, putih, merah muda ataupun krem. Jangan lupa untuk mempertimbangkan keserasian warna dinding dan perabotan atau furnitur.

  • Pemilihan Warna Lantai Yang Simpel

Pemilihan warna lantai ruangan makan minimalis juga berpangaruh pada kenyamanan saat makan dan bercengkrama. Sebaiknya Anda memilih material lantai dari jenis yang mudah dibersihkan. Tentu harus sesuai dengan warna dinding dan furnitur Anda.

Selain memilih bahan yang mudah dibersihkan pilihlah keramik untuk lantai ruang makan yang kesat. Soalnya, ruangan makan dan dapur memang bagian yang sering terkena cairan baik air ataupun minyak. Kalau terbuat dari bahan keramik yang licin tentu akan membahayakan keselamatan penghuni rumah.

  • Ruang Makan dan Dapur Jadi Satu? Buatlah Focal Point

Untuk Anda yang ruang makan dan dapurnya jadi satu karena memang lahan sempit atau kecil, cobalah Ciptakan suatu focal point untuk memberi kesan kontras antara kedua ruangan. Menghadirkan Focal point bisa dengan cara memasang tanaman hias dalam pot, memasang hiasan dinding. Atau bisa juga dengan menonjolkan warna furnitur ruang makan. Intinya pengadaan focal point ini agar jelas terlihat beda fungsi dari dua ruang yang menyatu.

  • Dekorasi Sekedarnya, Jangan Hilangkan Kesan Minimalis

Karena dari awal kita ingin menerapkan cara menata ruangan makan keluarga yang minimalis, maka tak perlu adanya dekorasi ruangan. Bahkan dekorasi bisa ditiadakan sama sekali. Karena lebih pas dengan tujuan minimalis tadi. Begitupun jika memang Anda punya dana untuk menghadirkan dekorasi ruang makan, boleh saja memberi tambahan dekorasi asal tidak sampai menghapus kesan minimalis yang kita ingingkan.

Bagaimana? Tips cara menata ruangan makan keluarga minimalis di atas sangat bagus untuk coba Anda terapkan di rumah. Kalau ruangan makannya nyaman, makan pun jadi nikmat dan lahap, dan suasana makan bersama akan lebih seru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *