Agar Tak Tertipu, Ini Kiat Aman Belanja Online

Perkembangan teknologi memunculkan banyak sekali situs belanja online e-commerce di Indonesia. Mereka berlomba-lomba untuk membangun dan menjual berbagai barang dan jasa layaknya sebuah mall dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah berikut merupakan beberapa kiat aman berbelanja di toko online agar tidak mudah tertipu.

Lakukan Riset Terhadap Toko Online yang Anda Pilih

Tips yang satu ini harus Anda lakukan ketikan akan berbelanja di situs web yang jarang Anda gunakan. Jadi hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari ulasan mengenai toko online tersebut. Pilihlah apabila toko online tersebut memiliki apresiasi yang positif dan hindari situs tersebut apabila mendapatkan ulasan yang mengecewakan.

Lihat Kebijakan Situs Terhadap Data Pribadi Anda

Pastikan bahwa situs web tersebut tidak akan memberikan data pribadi konsumen ke pihak lain. Anda juga harus membaca kebijakan pengembalian barang toko online tersebut. Hal ini bertujuan apabila barang yang Anda dapatkan cacat, Anda dapat mengembalikannya. Selain itu pastikan bahwa situs web tersebut memberikan garansi terhadap barang yang Anda beli.

Periksa Barang dengan Membaca Deskripsi Produk Baik-Baik

Tips aman belanja online selanjutnya adalah dengan memeriksa barang dan membaca deskripsi produk dengan teliti. Anda harus berhati-hati dengan barang bermerek yang dijual dengan harga yang miring. Bisa jadi barang yang dijual merupakan barang yang palsu atau bahkan sang penjualnya hanya sekadar ingin mendapatkan uang Anda saja.

Jangan Mudah Tergoda dengan Harga Murah

Anda jangan mudah tergoda dengan tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail. Apalagi jika meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail tersebut. Mengapa demikian? Sebab hal tersebut bisa saja merupakan kerajaanspammer. Jadi pastikan Anda tetap berhati-hati dan jangan mudah tergoda dengan harga murah yang ditawarkan.

Cari Tanda Bahwa Situs Web Tersebut Aman

Tanda yang menunjukkan bahwa situs web tersebut aman pada umumnya berupa gambar gembok yang berada di baris status bas browser. Jadi selum Anda memasukkan informasi pribadi, pastikan untuk memeriksa keamanansitus web tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan demi menjaga keamanan data pribadi Anda.

Amankan PC Anda dengan Anti Virus

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah pastikan bawah PC Anda mempunyai perangkat anti virus. Alangkah lebih baiknya apabila Anda memasang aplikasi anti firewaal dan spyware. Perlu diingat perangkat lunak keamanan tersebut harus Anda mengunduh secara berkala untuk menjaja PC agar terlindungi dari berbagai ancaman.

Pertimbangkan Cara Pembayaran yang Tersedia

Pada umunya, pembayaran biasanya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit melalui ATM ataupun gerai retail modern. Dengan melakukan pembayaran melalui kartu kredit, Anda akan mendapatkan bukti kuat bahwa Anda sudah melakukan transaksi. Namun maraknya pencurian nomor kartu kredit, Anda dapat menggunakan sistem PayPal ataupun COD.

Matikan PC Setelah Transaksi

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mematikan PC sesegera mungkin setelah berbelanja. Sebab apabila PC dinyalakan terus menerus bisa saja terjadi pembobolan dengan mengambil alih kendali PC bahkan melakukan transaksi. Jadi sebaiknya matikan PC Anda sesegera mungkin setelah melakukan transaksi demi keamanan selama berbelanja.

Itulah beberapa cara aman belanja online di berbagai toko online yang dapat Anda terapkan. Dengan menerapkan tips-tips tersebut tentunya dapat membantu mengurangi risiko penipuan. Selain itu, Anda perlu mengenali situs belanja populer dan terpercaya seperti blibli.com  yang sering dikunjungi oleh konsumen. Selamat berbelanja dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *