Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, di tengah pandemi covid 19 saat ini acara Peringatan HUT Ke 75 TNI akan digelar secara virtual. Acara peringatan HUT Ke 75 TNI yang setiap tahun jatuh pada 5 Oktober tersebut kali ini rencananya akan digelar di Istana Negara Jakarta pada Senin (5/10/2020) besok. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga telah meninjau gladi bersih acara tersebut di Istana Negara Jakarta pada Sabtu (3/10/2020).

"Dalam kegiatan tersebut, Panglima TNI mengecek langsung kesiapan pelaksanaan Upacara HUT ke 75 TNI yang dilakukan secara virtual, berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi Covid 19," kata Kabidpenum Puspen TN Kolonel Sus Aidil dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Sabtu (3/10/2020). Usai pelaksanaan gladi bersih tersebut, Hadi memimpin doa bersama untuk memohon kelancaran pelaksanaan acara tersebut. Dalam kegiatan tersebut Hadi didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Wakasad Letjen TNI Moch Fachruddin, Irjen TNI M Herindra, dan Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi.

Sehari sebelumnya Hadi didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo juga menabur bunga di makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Jumat (2/10/2020). Kegiatan tersebut dilakukan juga dalam rangka menyambut Peringatan HUT Ke 75 TNI tahun 2020. Setelah melakukan prosesi upacara penghormatan terhadap para pahlawan, Hadi dan tiga Kepala Staf Angkatan melakukan tabur bunga di makam Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie yang berada di Blok M 120.

Rombongan kemudian melanjutkan menabur bunga di makam Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat di Blok M 109. Selanjutnya rombongan menabur bunga di makam Jenderal Besar TNI (Purn) AH Nasution di Blok M 98. Setelah itu rombongan melanjutkan menabur bunga di makam Jenderal TNI (Purn) Feisal Tanjung di Blok P 125 E.

Kemudian rombongan melanjutkan menabur bunga di makam Jenderal TNI (Purn) Maraden Panggabean di Blok T 389. Rombongan melanjutkan menabur bunga di makam Jenderal TNI LB Moerdani di Blok AA 5. Terakhir, rombongan menabur bunga di makam Pahlawan Revolusi di Blok E 79 sampai dengan E 83.

Sebelum tabur bunga, Hadi dan para peserta juga melakukan penghormatan dan mengheningkan cipta dalam upacara penghormatan. Dalam upacara tersebut Hadi bertindak sebagai inspektur upacara dan bertindak sebagai pendamping inspektur upacara Panglima Kodam Jaya sekaligus Komandan Kogartap I/Jakarta Mayjen TNI Dudung Abdurrahcman. Sementara itu yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Asops Paspampres Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor.

Upacara dilakukan peserta dengan mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak serta disediakan juga hand sanitizer.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *