Helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) yang hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Nabire, Kamis (17/9/2020) ditemukan selamat. Seluruh penumpang yang terdiri dari tiga orang masing masing pilot, kopilot, dan seorang kru yang berada di dalam helikopter berhasil selamat. "Pesawat mendarat darurat, pilot, kopilot, dan kru selamat. Sekarang tim sedang dalam proses evakuasi korban, tapi tergantung dari cuaca di sekitar lokasi," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, di Jayapura, Jumat (18/9/2020).

Helikopter dalam keadaan baik. Hanya saja heli dalam posisi miring karena tempat pijakan yang lembek. Saat ini tim SAR tengah berusaha meminta bantuan dari PT Freeport yang memiliki peralatan penyelamatan lebih lengkap. Sebelumnya, satu unit helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) dilaporkan hilang kontak ketika terbang dari Bandara Nabire, Papua, Kamis.

Kepala Bandara Nabire M Nafiq menuturkan, helikopter yang membawa tiga orang di dalamnya tersebut hilang kontak sejak pukul 10.16 WIB atau 12.06 WIT. Namun, ada sinyal darurat yang dikeluarkan oleh heli dan sudah terdeteksi oleh emergency group di Jakarta. Setelah melakukan pencarian, Tim SAR akhirnya menemukan heli tersebut sekitar pukul 10.00 WIT di koordinat 5l3.33.3 S, 136:9.28 E pada cekungan sungai, Jumat.

"Tim SAR pertama yang menemukan langsung bisa kontak, tapi tidak ada tempat darurat untuk mendarat," ujar Kamal.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *