Menu MPASI 10 Bulan yang Lezat dan Bergizi Tinggi

Sejak usia si kecil sudah mulai menginjak 6 bulan tentunya ia sudah harus diberikan makanan pendamping ASI. Hal ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi sang buah hati dapat terpenuhi dengan baik. Namun faktanya tidak semua bayi mau menerima makanan pendamping ASI. Nah berikut beberapa menu MPASI 10 bulan yang lezat dan bergizi tinggi. Apa saja sih? Yuk simak.

Ayam, Apel, Wortel, dan Nasi

Menu MPASI 10 bulan yang satu ini kaya akan kandungan gizi yang lengkap. Mulai dari protein, lemak, karbohidrat, hingga vitamin A, B, dan C yang cukup baik untuk si kecil. Cara membuatnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu potong bahan dan kukus. Setelah itu tambahkan nasi dan ASI kemudian haluskan hingga teksturnya sesuai untuk sang buah hati.

Lentil Merah

Lentil memang dipercaya kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk si kecil. Tak hanya kaya akan vitamin saja, lentil juga kaya akan kandungan zat besi dan tinggi magnesium. Anda bisa tambahkan wortel, tomat, dan bawang putih, bawang Bombay, dan air hangat pada menu MPASI si kecil kali ini.

Tumis semua bahan MPASI kecuali lentil. Jika semua bahan sudah berubah warna menjadi agak kecokelatan, berilah sedikit air. Tunggulah hingga air agar menyusut kemudian masukkan lentil. Jika sudah haluskan semua bahan, dan MPASI siap disajikan untuk sang buah hati.

Smoothies Oat dan Buah

Menu MPASI yang satu ini terbilang cukup sederhana, Anda hanya perlu membutuhkan oat dan buah-buahan saja. menu MPASI yang satu ini kaya akan serat dan vitamin sehingga mampu membuat metabolisme si kecil semakin lancar sekaligus meningkatkan sistem imun sang buah hati. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan semua bahan menjadi satu.

Baby Overnight Oats

Menu MPASI yang satu ini juga cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan plain yogurt, ASI, buah persik yang sudah dihaluskan dan 25 gram oats. Kemudian Anda hanya perlu menghaluskan semua bahan hingga teksturnya cukup lembut untuk sang buah hati. Setelah itu, simpanlah ke dalam lemari es selama kurang lebih 4 hingga 6 jam sebelum diberikan kepada sang buah hati.

Pisang, Kurma, dan Muesli

Anda tentu sudah cukup familiar dengan buah kurma bukan? Tak hanya kaya akan serat dan vitamin saja, buah kurma juga kaya akan beta karoten yang cukup baik bagi kesehatan mata dan sistem imun sang buah hati. Nah tak ada salahnya gunakan buah kurma yang dicampur dengan pisang, oat, dan sedikit air hangat untuk menu MPASI sang buah hati.

Smoothies Brokoli

Menu MPASI yang satu ini sangat cocok diberikan untuk mengajarkan si kecil suka makan sayuran sejak dini. cara membuatnya juga terbilang cukup mudah, Anda hanya membutuhkan brokoli yang sudah direbus, ASI atau susu formula, dan buah apel hijau. Setelah itu Anda hanya perlu menghaluskan semua bahan hingga teksturnya pas dan sesuai dengan si kecil.

Rhubarb, Strawberry, Banana & Apple Compote

Biasanya buah stroberi cenderung lebih disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan asam. Meski demikian, ternyata buah stroberi juga bisa terlalu asam untuk si kecil. Nah untuk menetralkan rasa asam tersebut, Anda bisa menggunakan perisa apel, rhubarb, dan mentimun. Masak semua bahan hingga teksturnya menjadi lembut kemudian haluskan.

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat menu MPASI 10 bulan untuk sang buah hati? dengan cita rasa dari bahan-bahan alami di atas, dijamin si kecil bakal suka dengan makanan pendamping ASI-nya. Bahkan menu MPASI di atas juga ikut membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil sekaligus menjaga kesehatannya agar tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *