Rekomendasi Dongeng Budaya Menarik untuk Anak

Anak-anak pada masa pertumbuhan membutuhkan stimulasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, wawasan, berpikir kritis, kreativitas dan lain sebagainya. Salah satunya adalah melalui dongeng budaya yang memiliki banyak sekali kisah menarik. Anda bisa membacakannya dongeng setiap sang anak akan beranjak tidur.

4 Dongeng Budaya dengan Kisah yang Menarik

Pilihan dongeng yang bisa dibacakan untuk si kecil memang sangat banyak. Saat ini untuk mendapatkan kisah-kisah menarik juga sangat mudah sekali, Anda tinggal browsing dan cari cerita yang diinginkan. Berikut adalah beberapa dongeng budaya menarik yang cocok sekali untuk menemani si kecil beranjak tidur.

1. Malin Kundang

Dongeng yang satu ini sangat melegenda, hampir semua masyarakat Indonesia pernah mendengar cerita menariknya. Dongen ini merupakan cerita rakyat yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Secara singkat, dongeng ini mengisahkan seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya. Akibatnya ia (sang anak durhaka) menerima kutukan.

Anak ini bernama Malin, ia tidak mau mengakui ibunya karena miskin dan lusuh. Hal tersebut membuatnya harus dikutuk menjadi batu. Cerita ini cukup menarik untuk diajarkan kepada anak-anak, karena akan mengetahui bahwa durhaka kepada orang tua adalah hal yang buruk atau tidak baik. Ini akan membentuk karakter sang anak, sehingga bisa menghargai orang tua.

2. Timun Mas

Cerita rakyat yang satu ini juga sangat terkenal. Dongeng yang satu ini berasal dari Jawa Tengah, yang mengisahkan tentang seorang perempuan yang menginginkan anak perempuan. Keinginannya tersebut pun dikabulkan oleh seorang raksasa yang memberikannya sebuah timun yang setelah dibelah ternyata isinya adalah seorang anak perempuan.

Dalam kisah ini, Anda akan mengajarkan tentang kasih sayang dari orang tua terhadap anaknya yang tidak terhingga. Selain untuk menambah pengetahuan sang anak, melalui cerita ini Anda juga bisa mendekatkan diri dan saling mengutarakan rasa sayang, sehingga anak bisa benar-benar kasih sayang tersebut.

3. Kelinci Sombong dan Kura-Kura

Dongeng berikutnya adalah cerita tentang kelinci yang sombong dan si kura-kura. Ceritanya cukup menarik, anak akan diajarkan bahwa setiap makhluk hidup memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga menyombongkan diri sendiri adalah sesuatu yang buruk. Seperti yang dilakukan oleh kelinci, yang menantang kura-kura untuk balap lari.

Selain tidak boleh sombong, sebagai sesama makhluk hidup, kita juga tidak boleh meremehkan. Seperti yang dilakukan oleh si kelinci, yang sengaja menunggu kura-kura dengan cara tidur di dekat garis finish. Hasilnya, kelinci ini tidur terlalu pulas dan kura-kura menjadi pemenangnya. Menarik dan sangat berkesan sekali bukan.

4. Legenda Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan salah satu nama gunung yang yang berada di Jawa barat. Ternyata gunung ini juga memiliki cerita yang sangat menarik dan bisa dijadikan sebagai sebuah dongeng pengantar tidur untuk anak. Dongeng yang satu ini menceritakan tentang Sangkuriang yang ingin menikahi ibu kandungnya sendiri, yaitu Dayang Sumbi.

Sangkuriyang memiliki tantangan yang diberikan oleh Dayang Sumbi untuk melakukan pembendungan pada Sungai Citarum dan membuatkannya sebuah perahu dalam jangka waktu semalam. Namun, Sangkuriang ternyata gagal, dan memutuskan untuk menendang perahu yang telah Ia buat hingga jadilah Gunung Tangkuban Perahu.

Itulah empat dongeng budaya yang bisa diberikan kepada si kecil sebelum tidur. Anda juga mendapatkan dongeng menarik lainnya dari Dancow. Pada kemasan, Anda bisa lihat di balik tutupnya terdapat sebuah kode yang bisa digunakan untuk membuka salah satu cerita yang ada. Terdapat juga dongeng dalam bentuk video interaktif yang sangat menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *